Sunday, March 6, 2011

Momentum Penyadaran Diri Bernama Nyepi

This article explains a few things about mobil keluarga ideal terbaik indonesia, and if you're interested, then this is worth reading, because you can never tell what you don't know.
MAKASSAR, KOMPAS.com - Hari raya Nyepi tahun baru Caka 1933 yang jatuh kemarin digunakan oleh umat Hindu sebagai momentum penyadaran diri dan perekat persaudaraan untuk bersama memajukan bangsa.

Ketua Badan Penyiaran Hindu Provinsi Sulawesi Selatan, Darmayasa, di Makassar, Sabtu, mengatakan, tahun baru Caka memiliki nilai historis yang sarat dengan nuansa religius, penuh kedamaian, persatuan dan toleransi. Nilai filosofis ini merupakan nilai universal yang dapat diaktualisasikan dalam konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, katanya.

"Melalui momentum ini kita berharap dapat terbina kehidupan yang berlandaskan Satyam atau kebenaran, Sivam atau kesucian, dan Sundaran atau keharmonisan," ujarnya.

Now that we've covered those aspects of mobil keluarga ideal terbaik indonesia, let's turn to some of the other factors that need to be considered.

Bagi umat Hindu, kata dia, di samping mengandung makna yang sangat mendalam, hari raya Nyepi juga merupakan upaya pencarian kesadaran akan hakikat kehidupan sebagai hamba Tuhan.

Dengan keselarasan itu, umat Hindu diharapkan dapat mewujudkan suatu kehidupan yang serba selaras, seimbang, dan serasi antara raga dan jiwanya, individu dengan masyarakat, manusia dengan Tuhan, serta dengan alam lingkungan.

"Itulah yang dikatakan sebagai suatu harmoni kehidupan yang berakar pada konsepsi Trihita Kirana," ujarnya.

Ia mengatakan, agama Hindu mengharuskan umatnya untuk meningkatkan pengetahuan melalui proses belajar, agar menjadi manusia yang Widya dan Waweka yang menekankan pentingnya kecerdasan pikiran dan pengetahuan. Oleh karena itu, segenap umat Hindu, khususnya generasi muda diminta untuk dapat meningkatkan kualitas diri baik dari segi ilmu pengetahuan, mental maupun spiritual.

"Bertolak dari makna hari raya Nyepi ini, marilah kita melaksanakan dan mewujudkan kewajiban sebagai warga dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tidak menambah masalah yang sudah ditimbulkan karena ulah manusia," tuturnya. Saat itu ribuan orang meneriakkan kata-kata "rakyat menginginkan diakhirinya keadaan darurat."

Those who only know one or two facts about mobil keluarga ideal terbaik indonesia can be confused by misleading information. The best way to help those who are misled is to gently correct them with the truths you're learning here.

No comments:

Post a Comment