Wednesday, May 11, 2011

Proyek Jembatan Pabelan Terkendala Cuaca

Jika Anda sungguh-sungguh tertarik untuk mengetahui tentang
, Anda harus berpikir melampaui dasar-dasar. Artikel informatif mengambil melihat lebih dekat hal yang perlu Anda ketahui tentang
.
Jika Anda tidak memiliki detail yang akurat tentang
, maka Anda mungkin membuat pilihan yang buruk pada subjek. Jangan biarkan hal itu terjadi: terus membaca.

MAGELANG, KOMPAS.com " Kementerian Pekerjaan Umum optimistis pembangunan Jembatan Pabelan di jalur utama Magelang-Yogyakarta di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, selesai sesuai jadwal, meskipun cuaca ekstrem akhir-akhir ini menjadi kendala.

"Jika hujan pekerja harus istirahat karena kerangka baja menjadi licin," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Secang-Pringsurat-Muntilan-Salam Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Jateng, Budi Sudirman, di Magelang, Rabu (11/5/2011).

Menurut dia, Sungai Pabelan juga masih sering dilanda banjir lahar dingin meskipun tidak sebesar periode Desember-Maret 2011. Hal itu membuat pengerjaan groundsile dan talut di tebing kanan dan kiri sungai terhambat. Setiap ada banjir, otomatis pengerjaan dihentikan.

Pelaksanaan pembangunan jembatan sudah berhasil memasang 10 segmen rangka baja. Setiap segmen terdiri atas 5 meter. Jembatan Pabelan memiliki bentangan 60 meter, tinggi 5,5 meter, dan lebar 9 meter.

"Kami bekerja siang dan malam. Meskipun ada banjir lahar dan hujan, kami optimistis pemasangan konstruksi rangka baja akan selesai paling lambat pertengahan bulan ini," katanya.

Ia mengatakan, PT Adhi Karya selaku kontraktor sudah selesai membangun abutmen atau fondasi jembatan. Setelah rangka jembatan selesai dipasang, akan dilanjutkan pelepasan konstruksi rangka counter weight atau jembatan penyeimbang dan kemudian pemasangan pelat besi untuk lantai jembatan.

Kemudian, dilakukan pengecoran lantai jembatan. Untuk fondasi jembatan dan lantai jembatan diberi cairan khusus untuk pengeras.

Pada umumnya bangunan yang dicor baru akan bisa digunakan setelah 28 hari. Karena itu, perlu diberi cairan tersebut agar pekerjaan bisa selesai dalam delapan hingga 10 hari.

Menurut dia, pekerjaan lain yang masih menunggu, antara lain, pengecoran abutmen yang dijadikan tempat pijakan konstruksi jembatan dan pengaspalan lantai jembatan.

Budi optimistis pembangunan jembatan dengan berat kerangka baja 190 ton itu akan selesai tepat waktu sehingga pada minggu pertama Juni 2011 Jembatan Pabelan sudah bisa digunakan kembali.

 

Sumber: ANT

Pertanggungan ini artikel informasi adalah sebagai lengkap dapat hari ini. Tapi kau selalu harus meninggalkan terbuka kemungkinan bahwa penelitian di masa depan dapat mengungkap fakta-fakta baru.

No comments:

Post a Comment