Thursday, August 18, 2011

Muhammadiyah: Idul Fitri 30 Agustus

Jalan terbaik tindakan untuk mengambil kadang-kadang tidak jelas sampai Anda telah terdaftar dan dianggap alternatif Anda. Paragraf berikut ini akan membantu petunjuk Anda ke apa yang para ahli pikir signifikan.
SURABAYA, KOMPAS.com "Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur menetapkan bahwa Idul Fitri jatuh pada hari Selasa, 30 Agustus 2011.Ketetapan itu berdasar hasil musyawarah ahli hisab PWM Jatim tanggal 5 Juli 2011. Dengan demikian, jumlah waktu puasa Ramadhan 29 hari karena Muhammadiyah memulai puasa tanggal 1 Agustus.

Demikian penjelasanSekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, M Najib Hamid, di Surabaya, Kamis (18/8/2011).

Menurut Najib, ketetapan ini sesuaisistem perhitungan hisab hakiki yaitu perhitungan usia rembulan sesungguhnya bahwa jumlah hari dalam satu bulan terkadang 29, terkadang 30atau tidak konstan.

Kadang berturut-turut sama 30 atau 29, kadang selang seling. Tergantung dari posisi hilal (bulan sabit) saat terjadi ijtimak.Hal itu berbeda dengan hisab Urfi yang memandang bahwa usia rembulan itu sama rata 29 dan 30.

Saya percaya bahwa apa yang Anda telah membaca sejauh ini informatif. Bagian berikut ini harus pergi jauh ke arah membersihkan setiap ketidakpastian yang mungkin tetap.

Najib mengatakan, berdasarkan perhitungan sistemhisab hakiki yang bermarkas di Tanjung Kodok, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, ijtimak akhir Ramadhan 1432 Hijriyah terjadi pada Senin, 29 Agustus 2011 atau bertepatan dengan tanggal 29 Ramadhan antara pukul 10:04:03 dan 10:05:16 WIB.

Pada saat matahari terbenam hari itu pukul 17.30:53 WIB, hilal sudah wujud dengan ketinggian 1 derajat 55 menit 11 detik.Dengan demikian, tanggal 1 Syawal jatuh pada tanggal 30 Agustus 2011.

Najib menandaskan, dengan ketetapan itu, PWM tidak akan mengadakan rukyatul hilal (melihat bulan).PWM tidak akan mengadakan rukyatul hilal. "Tapi kami tetap menghargai mereka yang melakukannya,"katanya. 

 

 

 

Tidak ada salahnya untuk baik-informasi yang terakhir pada
. Bandingkan apa yang telah Anda pelajari di sini ke artikel masa depan sehingga Anda dapat tetap waspada terhadap perubahan di bidang
.

No comments:

Post a Comment